Monday, August 8, 2011

Ford Laser


Berhubung kehamilan istri saya sudah mulai besar, maka diperlukan alat transportasi yang lebih nyaman dari sepeda motor. (setengah taun yang lalu).
terlintas beberapa ide. dari sewa mobil bulanan, naik taksi tiap hari, ato nyari mobil tahun 80an, yang penting bisa jalan. toh cuman buat dari Slipi ke Gambir (9 Km).

Dimulailah pencarian mobil2 murah. dari datsun, kijang doyok, starlet kotak (ternyata masih mahal), nissan sunny, dan akhirnya setelah kesana kemari, berpacu dengan waktu juga.
dipilihlah Ford Laser 1996, bekas taxi. Yang punya dulu orangnya seumuran dengan ane. kayaknya ga dirawat. Bodi lumayan berantakan, mesin ala kadarnya, tapi ane yakin mesin masih sehat.

spesifikasi mobil ini tergolong sederhana.
- Sedan dengan mesin bensin 1300 cc, karburator, 4 silinder.
- Berpenggerak roda depan
- Rem sudah menggunakan Cakram di keempat rodanya.
- Kopling hidrolik, lumayan ringan walau mobil tua.

Untuk sparepart, karena bekas taksi, jadi masih banyak sparepart mobil ini di toko onderdil. Harganya pun tergolong murah. Menurut cerita orang. Ford Laser ini memang cocok untuk kalangan yang baru hijrah dari motor ke mobil. :P

sekarang, mobil ini saya rawat dengan biaya yang lumayan murah, ditambah teknologinya yang masih tergolong sederhana, sehingga memungkinkan saya untuk melakukan perbaikan sendiri. termasuk servis karburator, kuras radiator, ganti kampas rem, perbaikan kelistrikan dan hal hal lain.

2 comments:

Unknown said...

terima kasih untuk postingan blognya, saya baru saja jual motor.. mau kredit motor lagi sayang coz biayanya dihitung-hitung bisa habis sampai 25-30 jt, saya bingung mau beli mobil apa yach yang murah tapi perawatannya mudah...

Robo said...

menurut saya ford laser ex taksi (mesin bensin) dan holden (isuzu) gemini ex taksi (mesin diesel isuzu) merupakan mobil dengan biaya operasional yg relatif murah, Namun, harus dicermati bener2... jangan sampai kita beli mobil yang udah bususk... baiknya sih ikut forum/komunitas supaya bisa lebih tau apa plus minusnya, kisaran harga barang bagus, apa yang harus diperhatikan. masing2 mobil ada kelebihan dan kekurangannya.

dengan budget segitu, udah bisa beli mobil plus penggantian sperpart2 yang rusak (pas pertama beli biasanya banyak yg harus diganti). Jadi kalo beli mobil jangan dipas budget. sediain 5 jutaan buat perbaikan. Insya Allah dapet unit yang tahan banting.

Arsip Electronic Music

2007an beberapa karya tercecer, sisa dikit... coba dikumpulin Ga bisa main alat musik kok mau bikin lagu, ya ga mungkin.... dari per...